Pameran Poster Sandy Karman

Diam-diam karya seorang desainer grafis Indonesia lulusan DKV FSRD ITB 2005, Sandy Karman, berhasil menembus biennial-biennial poster tingkat internasional seperti Golden Bee 8, Moscow International Biennial of Graphic Design (2008) dan 9th Toyama International Poster Triennial (2009). Sebuah perjalanan anak bangsa yang patut dicatat sebagai bagian dari sejarah desain grafis Indonesia, yang perlahan tapi pasti telah menampilkan eksistensinya di dunia internasional.

Selamat menikmati pameran virtualnya di situs DGI! – Redaksi

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

“Everything seems to be constantly reinvented like a jam session and it is important to keep on playing. We might usually be solitary and independent, but here we find an opportunity to discover the other, and the unfamiliar. I like harmony as well as dissonance, beauty as well as disorder. Mainstream bores me.” – Werner Jeker, IPT Toyama 2009

We no longer see the poster as something we make only when someone else commissions us to do, but also as a single sheet of paper that can serve as a medium for creative self-expression.” – Shoji Katagishi, IPT Toyama 2009

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
> 2007
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

SandyKarman-40yrsChile_Indonesiaposter

Poster 40 Tahun Chile-Indonesia

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

SandyKarman-FestofSightnSoundposter

SandyKarman-FestofSightnSound2008poster

Poster Festival of Sight and Sound

Designer/letterer: Sandy Karman
Photographer: Agustinus Sidharta

Dalam festival yang diadakan tiap tahun ini diselenggarakan berbagai acara kesenian performing arts, teater, puisi, pameran fotografi, lukisan dan visual art. Dari judulnya Sight and Sound, saya langsung terpikir nirmana garis seperti waktu kuliah tingkat dasar dulu, walaupun tidak terlalu yakin hasil akhirnya akan seperti apa. Idenya sederhana saja, bunyi (sound) ditimbulkan dari getaran garis-garis (contohnya pada gitar atau piano), dan susunan garis-garis yang teratur memvisualisasikan irama. Seperti pelajaran nirmana dasar, pergeseran garis-garis juga menimbulkan ilusi optik (sight). Karena secara kebetulan huruf S menjadi huruf awal kata Sight & Sound, saya memutuskan menggunakannya sebagai objek utama yang dibuat dari komposisi garis. Setelah garis-garis didesain di komputer dan di print di kertas berukuran kira2 130 X 90 cm dengan warna hitam putih, saya potong setiap garis warna putih, menyisakan garis-garis hitam dan pinggiran kertas sebagai bingkai sehingga garis yang tipis tidak lepas. Saat itu, saya berniat memutar-mutar kertas tersebut dengan berbagai macam angle untuk difoto, sehingga garis2 membentuk berbagai lengkungan, flow dan perspektif dan itulah yang saya lakukan di studio (hasilnya: berbagai seri alternatif poster Festival of Sight & Sound seperti di atas ini). Waktu kita istirahat, kertas tersebut diletakkan di lantai studio begitu saja, dan saat itu secara tidak sengaja saya lihat bayangan di lantai menimbulkan efek visual yang sangat menarik. Garis-garis yang secara alami tidak teratur justru menimbulkan kesan off yang lebih menarik daripada komposisi-komposisi yang diatur.

Exhibition: 9th International Poster Triennial in Toyama,
The Museum of Modern Art Toyama, Japan
Uit’tniets Grafische vormgeving van (nieuwe) media + fotografie/film,
The Netherlands

Catatan redaksi: Desain poster ini berhasil masuk menjadi satu-satunya poster dari Indonesia pada 9th Toyama International Poster Triennial di Museum of Modern Art, Toyama-Tokyo, Jepang. Diselenggarakan di dan oleh MoMA Toyama Jepang, 20 Juli-27 September 2009. Berikut adalah link ke daftar negara-negara peserta The 9th International Poster Triennial in Toyama, 2009.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

SandyKarman-FestofSightnSoundSeriesposter

Poster Strings Sound

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Template portfolio batik-dll

Poster 100 Menit

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Template portfolio batik-dll

Poster Festival Teater Jakarta

Designer/photographer: Sandy Karman

Dari awal, saya ingin membuat poster ini lebih abstrak karena poster teater memberikan kepada desainer kebebasan yang jauh lebih banyak untuk berkreasi. Apalagi Festival Teater Jakarta merupakan event tahunan yang memuat tidak hanya satu pementasan dan satu tema, tetapi puluhan pementasan teater dengan berbagai macam tema, diskusi, workshop dan pameran foto yang diselenggarakan selama beberapa hari. Objektifnya, sebuah poster yang menyampaikan pesan melalui kesan yang ditimbulkan. Kesan-kesan ironis, tumpang tindih, tidak teratur tapi ada keteraturan, tidak clean tapi tidak kotor, kacau tapi menarik. Seperti kota Jakarta sendiri telah menjadi metropolitan yang ironis, ada yang kacau, macet, kotor, dengan tata kota yang tumpang tindih dan tanpa perencanaan matang dibalik semua keglamoran, kemewahan, gemerlap dan berbagai daya tariknya. Walaupun demikian, hal-hal tersebut telah menjadi budaya dan justru menjadi magnet bagi sebagian orang, dan mungkin kekacauan itu membuat Jakarta jauh dari membosankan😀 (berdasarkan pendapat beberapa expat yang saya kenal). Setelah membuat beberapa konsep dari foto-foto human interest hitam putih seperti foto-foto jurnalis surat kabar yang seringkali dramatis menangkap keseharian manusia, tetap saja saya merasa konsep tersebut terlalu generik dan mudah ditebak. Tetapi konsep warna hitam putih/monokrom saya pertahankan. Lalu suatu hari terjadi kebetulan yang menyenangkan. Di ruangan tempat saya menyemprot spray mount dan pilox, banyak sisa-sisa koran bekas yang saya gunakan sebagai alas semprot pilox warna hitam. Beberapa noda bekas pilox sangat menarik perhatian saya karena komposisi bidang kotak-kotaknya, gradasi warna pilox dari yang pekat sampai yang pudar membentuk bidang-bidang abstrak cubism. Dengan layer-layer yang tidak beraturan, tapi ada keteraturan juga. Ada kesan grunge, tapi tetap ambigu. Secara kebetulan ternyata koran-koran tersebut koran Pos Kota, surat kabar khusus Jakarta yang layout dan materi kertasnya Jakarta banget. Ada lembergar kartun Doyok, Ali Oncom, dll di sebelah kiri. Dark humor? Bisa jadi. Kan Jakarte… Saya menyukai hal-hal kebetulan.

Exhibition: Golden Bee 8 International Poster Biennial of Graphic Design,
The Central House of Artist, Moscow
Uit’tniets, Grafische vormgeving van (nieuwe) media + fotografie/film,
The Netherlands

Catatan redaksi: Poster Festival Teater Jakarta ini berhasil masuk pada Golden Bee 8, Moscow International Biennial of Graphic Design, di Central House of Artist, Moscow tanggal 1-12 September 2008, juga satu-satunya poster dari Indonesia, bersanding bersama karya desainer-desainer grafis kelas dunia seperti Shin Matsunaga, Uwe Loesch, Stefan Sagmeister, Niklaus Troxler, Majid Abassi dll. Berikut adalah link ke daftar desainer yang terpilih berperanserta pada biennial tersebut: Golden Bee – Exhibitor.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

SandyKarman-BurstofImperfectionposter

Poster Burst of Imperfection, Levi Stauss Indonesia

OgilvyOne Worldwide
Creative director : David Lukas
Art director/designer/letterer: Sandy Karman
Copywriter: Sherly dan Ario OgilvyOne
Photographer: Heret Frastio
Illustrator: Joni

Poster ini dibuat untuk launching produk baru Levi’s yaitu Levi’s Copper, sebuah redesign tipe jeans 501 yang seluruh buttonnya terbuat dari tembaga dan jahitan benang berwarna tembaga (oleh karena itu produk ini bertagline: Levi’s Copper, An Original Unearthed), dengan detil-detil yang asimetris, ada bagian dengan kantong, ada yang tidak, dan detil-detil yang tidak teratur misalnya dengan penempatan button disembarang tempat. Produk ini dinamakan “The Beauty of Imperfection”.

Setelah melalui proses presentasi visualisasi ide-ide yang tidak diapprove oleh klien, akhirnya konsep unearthed yang sesungguhnya, yaitu: mengambil dari dalam bumi, disetujui. Eksekusi: celana terkubur di dalam tanah dengan ilustrasi kota diatasnya, ready to burst out. Hingga akhirnya muncul judul: Burst of Imperfection. Ada kejadian yang menarik mengenai tipografi judulnya. Malam itu kita lembur untuk menyelesaikan desain yang esok paginya akan dibawa presentasi. Sampai jam 1 malam saya masih sibuk menyelesaikan montase imagenya dan tidak ada waktu untuk memikirkan tipografi. Karena sudah terlalu suntuk saya memutuskan untuk pulang dengan berpikir besok pagi baru saya kerjakan tipografinya. Di rumah, dengan pikiran mulai cerah, saya terpikir cara cepat agar besok tidak membuang waktu mengulik-ulik bermacam-macam tipo, belum lagi mengatur komposisinya, yang cocok dengan background dan sesuai dengan karakter Levi’s. Saya memutuskan untuk print image tanpa headline, dan melukis judulnya freestyle dengan kuas dan cat poster putih langsung diatasnya supaya praktis tanpa scanning dan edit ini itu.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
> 2008
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

SandyKarman-Inacraft08poster

Poster The 10th Jakarta International Handicraft (Inacraft) Trade Fair

Designer/illustrator: Sandy Karman, Photographer: Oki Stevanus

Ide poster ini berawal dari inspirasi gambar-gambar berirama metamorfosis bentuk. Setelah mencoba-coba beberapa konsep gambar, saya putuskan dari komposisi 2 jenis batik. Batik parang dan mega mendung. Dengan grid, saya menggambar batik parang sebagai simbolisasi air, dan batik mega mendung sebagai awan. Di tengah-tengah ada seekor angsa sebagai simbol keindahan (dari kerajinan tangan sebagai karya seni), dengan leher dan kepala angsa gabungan dari batik parang dan mega mendung, sedangkan sayapnya menjadi obyek terpisah agar komposisi tidak terlalu datar. Tipografi Inacraft juga disesuaikan tidak jauh dengan bentuk batik parang. Seluruh bagian dibuat dari potongan kertas yang kemudian di pilox emas. Pengerjaan yang manual saya sesuaikan dengan konsep handicraft yang dikerjakan sebagian besar manual dengan tangan. Komposisi angka dan huruf ditambahkan sebagai kutub yang berlawanan dari komposisi manual, seperti perkembangan industri dan proses kerajinan yang telah dimodernisasi dan disistematisasi.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Template portfolio batik-dll

Poster Pentas Monolog “Wanci”

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

SandyKarman-OscarLwlt Culture08poster

Poster Oscar Lawalata Culture 08 Collection

Designer: Sandy Karman
Photographer: Windy Miftah

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Template portfolio SK

Poster Bali Arts Festival 2008

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

SandyKarman-RumahKainSurabayaposter

Poster Festival Kebaya 2008 – Rumah Kain Surabaya

Oil on canvas, poster color on cutting paper on canvas
Designer/ illustrator: Sandy Karman
Photographer: Agustinus Sidharta
2007/08

Poster ini dibuat untuk grand opening Rumah Kain di Surabaya, dimana terdapat peragaan busana kebaya, pameran kain dan batik, bazaar, ramah tamah dan jamuan makan siang di mana hadirin semua adalah undangan. Untuk sebuah poster mengenai kebaya, saya berniat membuat poster yang penuh dengan detail, seperti kebaya itu sendiri yang mendetail dari kain brokat, bordir dan payet-payetnya. Idenya sangat sederhana, dari nama butik itu sendiri, yaitu rumah yang berisi kegiatan membuat kain dan kebaya. Inspirasi untuk eksekusinya, saya dapat dari tugas mata kuliah ilustrasi eksperimental di DKV FSRD ITB. Waktu itu kita mendapat tugas untuk membuat ilustrasi bebas, menggunakan cara apapun tapi tanpa alat gambar dari sebuah cerita fabel. Setiap anak mendapat cerita yang berbeda. Saya mendapat cerita fabel mengenai kesombongan dan iri hati manusia dari Guy de Maupasant. Ilustrasi berdasarkan cerita tersebut dibuat di karton 20X20cm. Saya memilih untuk menerjemahkan dengan gaya gambar seni tradisional asmat dengan konsep dunia atas dunia bawahnya seperti sikap kesombongan dan rendah diri, dengan sebagian kertas ditempel, sebagian dililitkan untuk memberikan dimensi yang berbeda dan menghasilkan bayangan ketika difoto. Setelah beberapa lama menunggu kesempatan membuat karya seperti ini lagi, akhirnya datang kesempatan ini, kali ini dengan latar belakang yang dilukis diatas kanvas berukuran 60X80cm. Cat minyak dengan detail brushstrokes yang timbul, diperkuat dengan pencahayaan fotografi, memperkaya tekstur background walaupun dengan satu warna kuning. Background ilustrasi rumah dibuat dengan komposisi cubism, untuk memberikan komposisi warna yang cukup beragam tapi mampu meminimalisir detail yang tidak perlu dan sebagai penyeimbang dari foreground yang cenderung ramai. Saya tidak menginginkan karya yang dengan detail terlalu berulir-ulir a’la belle époque–art nouveau atau dengan bumbu batik-batik yang terlalu umum berkaitan dengan kebaya itu sendiri.

SandyKarman - GuydeMaupasant

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
> 2009
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

SandyKarman-ICE2009poster1

SandyKarman-ICE2009poster2

Poster Indonesian Craft Expo 2009

Designer: Sandy Karman
Batik binatang courtesy of Oscar Lawalata

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

SandyKarman-RestingPlaceposter

Poster Resting Place

•••


About this entry